Negeri Sejuta Dinamika


Bangsa Indonesia adalah sebuah bangsa yang merdeka dari sebuah hasil jerih payah perjuangan pahlawan yang gigih demi mempertahankan bangsa Indonesia demi tidak menjadi sebuah bangsa yang terjajah untuk dirasakan oleh para anak cucu kelak. Pada saat ini bangsa Indonesia telah merasakan kemerdekaan dari penjajahan kolonial belanda sudah 66 tahun lebih namun sampai saat ini bangsa Indonesia belum merasakan kemerdekaan sepenuhnya oleh rakyat nya sendiri, kemerdekaan bukan lah berarti kita tidak lagi dikuasai oleh para asing namun juga melihat dari beberapa aspek dari arti realisasi kemerdekaan, hingga hari ini rakyat Indonesia masih merasa dirinya hidup disebuah bangsa yang penuh dengan orang orang yang egosi akan hal dalam mempertahankan kebenaran dalam pandangan nya sendiri, belum lagi pemaksaan bagi rakyat kecil untuk mematuhi aturan aturan yang ditetapkan oleh para penguasa tanpa ada kompromi dengan rakyat kecil, padahal dalam pandangan rakyat kecil itu merugikan mereka, sehingga dengan terjadinya dinamika aturan seperti itu rakyat kecil terus merasakan penindasan dibangsa yang “katanya” sudah merdeka puluhan tahun.


Pada saat ini nusantara sudah merdeka 66 tahun, dilihat dari segi sumber daya alam Indonesia yang melimpah sebenarnya Indonesia sudah bisa menjadi Negara yang maju pada saat ini, akan tetapi kenyataannya bangsa ini masih jauh dari harapan rakyat untuk dapat hidup adil dan sejahtera, padahal bila kita melihat sumber daya alam Indonesia tentunya bangsa ini sudah menjadi sebuah Negara maju.
Jangan kan untuk menjadi Negara yang sejahtera, untuk menjadi Negara yang adil saja masih sangat jauh dari harapan rakyat Indonesia sebagai warga Negara yang mempunyai hak yang sama dengan yang lainnya, itu bisa kita lihat dari implementasi pelaksanaan hukum yang masih tebang pilih dalam melihat siapa yang terjerat hukum. Meski tatanan hukum dinegeri ini sudah maksimal namun implementasi nya yang sangat minim dan terkesan tebang pilih, dan tentunya ini suatu kondisi yang sangat memprihatinkan bagi bangsa indonesia dan sangat sulit untuk bangkit dalam kejayaan apabila kondisi ini semakin hari semakin diperparah, kondisi ini juga mengakibatkan minimnya kepercayaan rakyat terhadap para pemimpin bangsa ini, apalagi untuk mengajak rakyat mencintai bangsanya dan membangun bangsanya sendiri itu sangat sulit, semua itu disebabkan kepercayaan rakyat dan kebencian rakyat terhadap para pemimpin bangsa ini yang jauh dari ke adilan sehingga menyebabkan kehancuran bagi negeri ini kedepannya.
Dalam kondisi ini untuk menjadi sebuah bangsa yang maju bukan suatu hal yang mudah, apabila pemimpin dan rakyat tidak satu arah membangun bangsa ini..? apakah bangsa ini bisa menjadi bangsa yang maju, untuk membangun bangsa ini sebenarnya sangatlah mudah, yang terpenting adanya kerjasama antara pemerintah dengan rakyat, dan tentunya kerjasama inilah yang sangat sulit untuk dibangun dikarenakan bangsa ini sudah menjadi bangsa yang bermasalah,  baik dari hukum, keadialan, ekonomi, politik, budaya dan sosial, pada saat ini semuanya telah menjadi masalah, jadi wajar saja ketika rakyat tidak mempercayai lagi pemerintah. Apalagi gaya hidup rakyat indonesia yang terlalu cepat menjalani hidup hedonisme, karena pada realitasnya indonesia belum cocok dengan generasi yang hidup hedonisme dan tentunya ini sangat berbeda dengan keadaan bangsa lainnya yang mereka telah menjalani kehidupan hedonisme. Dikarenakan bangsa indonesia ini bukanlah sebuah bangsa yang maju akan tetapi sebuah bangsa yang berkembang pada saat ini, tentunya bila kita melihat kata kata berkembang menjadi bangga akan tetapi jangan lupa pada kekayaan yang kita miliki, bangsa indonesia adalah sebuah bangsa yang kaya akan berbagai sumber, dengan kekayaan itu sebenarnya bangsa kita telah mencapai puncak kejayaan pada saat ini dibandingkan dengan negara negara lainnya, namun apalah semua itu karena pada realitas yang terjadi pada saat ini indonesia masih menjadi sebuah bangsa yang sedang berkembang.
Alasan para ahli-ahli saat ini adalah karena kita tidak memiliki sumber daya manusia yang cukup, menurut saya itu adalah sebuah alasan yang masih menarik untuk kita perbincangkan pada masa kini, dikarenakan para ahli itu masih memberi alasan yang norak yang akhirnya tiada penghujung yang menarik. Akan tetapi saya pribadi pernah mengkritik materi tentang sumber daya manusia yang menyebabkan indonesia tidak menjadi negara maju yang diberikan oleh para ahli itu dalam kesempatan seminar pada kesempatan itu saya menyampaikan yang mana bahwa saya kurang setuju apabila indonesia tidak bisa maju dikarenakan kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas, akan tetapi saya setuju apabila bangsa ini menjadi penghambat kemajuan apabila sumber daya manusia tidak segera ditingkatkan, menurut saya indonesia ini telah banyak melakukan kesalahan sehingga menjadi dampak yang sangat signifikan terhadap perkembangan bangsa dan saya yakin bangsa ini tidak akan pernah menjadi bangsa yang maju apabila tidak segera memperbaiki kesalahan kesalahan yang terjadi saat ini, apalagi karakter rakyat indonesia yang sangat cepat melupakan terhadap apa yang pernah terjadi sehingga terkesan apatisnya rakyat indonesia.
  1. Segi politik indonesia pernah melakukan kesalahan yang sampai saat ini tidak ada niat sedikit pun bagi penguasa negeri ini untuk meluruskan tentang apa yang terjadi sehingga menyebabkan generasi negeri ini terus merasakan kebingungan terhadap kebenaran yang terjadi dan menyebabkan generasi tidak satu arah apalagi untuk bersatu.
  2. Sejarah indonesia yang carut marut menyebabkan rakyat indonesia tidak dapat memberi kepercayaan lagi kepada pemimpin pemimpin bangsa ini, apalagi tidak adanya niat pemerintah untuk melakukan pembenaran sejarah melalui musyawarah dari semua lini kelompok yang bermacam ideologi untuk mencatat kebenaran sejarah dan dijadikan sebagai referensi baku dalam setiap pendidikan indonesia, itu terbukti pada saat ini sejarah indonesia dihadapkan berbagai macam argumentasi dari bermacam ideologi yang selalu merasa kelompoknya lah yang paling benar sehingga generasi selalu mendapat referensi yang berbeda beda dan menjadikan generasi bingung untuk menentukan kebenarannya dan menjadi istilah bagi generasi “sejarah milik pemenang”.
  3. Sistem pendidikan indonesia saat ini jauh dari harapan untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas, karena pada realitas nya generasi bangsa indonesia saat ini hanya mengetahui namun tidak bisa meng implementasikan apa yang pernah dia dapatkan dipendidikannya, itu bisa kita melihat dari lulusan sarjana generasi yang lebih memilih untuk mencari kerja dibandingkan untuk membuka lapangan kerja sehingga menyebabkan pengangguran terus meningkat setiap tahunnya. Tapi bukankan tujuan dari pendidikan untuk dapat membuka lapangan kerja nantinya setelah mereka lulus sarjana, namun realitasnya malah menjadi pekerja dari pada mempekerja.
  4. Kondisi implementasi hukum yang masih jauh dari keadilan menyebabkan rakyat indonesia tidak mencintai negaranya sendiri, tentunya ketika rakyat tidak mencintai negaranya, akan sangat sulit untuk mewujudkan bangsa indonesia sebagai bangsa yang maju. Itu terbukti pada saat ini rakyat indonesia lebih memilih membanggakan negara lain dari pada membanggakan negaranya sendiri sehingga menyebabkan pudarnya wawasan kebangsaan dikalangan rakyat indonesia.
  5. Karakter rakyat indonesia yang terus membudidayakan karakter negatif menyebabkan bangsa ini jauh dari harapan untuk menjadi negara maju. Seperti hal budaya korupsi, budaya apatis, budaya malas, budaya penjajah, budaya egois, budaya pengemis, budaya hedonisme dan budaya pragmatis sehingga membuat bangsa ini menjadi bangsa sejuta masalah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara


Tentunya untuk menjadi indonesia sebagai negara yang maju tidak cukup hanya melihat dari satu sisi permasalahan, akan tetapi banyak hal yang harus kita perbaiki dalam negara ini untuk mewujudkan sebagai bangsa yang maju, adil, sejahtera demi terujudnya cita cita pahlawan yang telah berjuang mati matian untuk memerdekakan negeri ini, dan tidak hanya cukup mengandalkan pemerintah saja untuk memajukan negeri ini dikarenakan ketika kita tidak sama sama bahu membahu memajukan negeri ini dengan visi misi dan tekat bersama maka suatu yang mustahil untuk dapat menciptakan sebagai bangsa yang maju indonesia ini.
  
Penulis : Yudie
SekJend Pemerintahan Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...